Wednesday , June 20 2018
A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Dakwah / Keutamaan Sedekah Jariyah, Amalan dengan Pahala Tak Terputus

Keutamaan Sedekah Jariyah, Amalan dengan Pahala Tak Terputus

Keutamaan Sedekah JariyahApakah sedekah itu sama dengan zakat? Mungkin masih sangat banyak orang yang mengartikan bahwa sedekah itu sama dengan zakat? Padahal keduanya itu sebenarnya sangat berbeda arti dan maknanya. Tapi, kok beda? Kan sama-sama memberikan rizki kepada orang lain yang membutuhkan?

Memang benar sama-sama memberi, tapi keduanya memiliki arti dan maknanya sangat berbeda.

Sedekah sendiri mempunyai arti pemberian seorang muslim kepada orang lain secara suka rela dan iklas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sedangkan zakat adalah harta tertentu yang dikeluarkan oleh seorang muslim dan diberikan kepada orang yang berhak menerima zakat. Selain itu, zakat juga telah ditentukan waktu untuk pelaksanaannya, baik zakat fitrah maupun zakat mal.

Setelah penjelasan mengenai perbedaan keduanya dari faktor waktu pelaksanaannya, kali ini kita semua akan belajar tentang keutamaan sedekah yang pahalanya tidak akan terhapus walaupun orang yang bersedekahanya telah meninggal dunia.

Sebelum kita berlanjut kepada keutamaan dari sedekah jariyah itu sendiri, kita akan bicara sedekah yang seperti apa saja yang menjadi sedekah jariyah? Berikut ada beberapa contoh sedekah jariyah yang pahalanya tidak akan terputus walaupun seseorang itu sudah berada di dalam kubur.

1. Sedekah untuk pembuatan masjid

Pahalanya tidak akan terputus selama orang-orang masih menggunakan masjid itu untuk beridah kepada Allah, maka Anda yang menyedekahkan hartanya di jalan Allah akan mendapat pahala orang yang beribadah itu.

2. Sedekah untuk operasional pondok pesantren dan yayasan yatim piatu

Sama seperti pahalanya orang yang menyedekahkan hartanya untuk pembangunan masjid, orang yang bersedekah untuk biaya hidup anak yatim pahalanya akan mengalir selama anak yatim itu beribadah kepada Allah.

3. Doa anak shalih

Doa anak yang shaleh juga akan menjadi amal yang terus mengalir sampai kapan pun selama anak shaleh itu terus mendoakan Anda, lalu bagaimana jika kita tidak mempunyai anak? Maka kita bisa mendapat keutamaaan dari doa anak yatim yang kita beri sedekah.

4. Ilmu yang bermanfaat

Sedekah itu bukan hanya berupa uang. Jika kita tidak mempunyai uang, maka dengan ilmu yang kita miliki maka kita dapat menagakarkannya kepada orang lain. Jadi apabila orang lain mengamalkan ilmu yang kita berikan dan mengajarkanya kepada orang lain maka pahalanya dari pengamalan ilmu itu sendiri akan menjadi amal yang tidak akan terputus.

Sebenarnya masih banyak sekali sedekah jariyah di dalam kehidupan ini, dan sebaik-baik sedekah adalah sesuatu yang dilakukan ketika kamu kaya dan ketika kamu miskin.

أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيحٌ شَحِيحٌ ، تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى ، وَلاَ تُمْهِلُ حَتَّى إِذَا بَلَغَتِ الْحُلْقُومَ قُلْتَ : لِفُلاَنٍ كَذَا ، وَلِفُلاَنٍ كَذَا ، وَقَدْ كَانَ لِفُلاَنٍ

“Engkau bersedekah dalam kondisi sehat dan berat mengeluarkannya, dalam kondisi kamu khawatir miskin dan mengharap kaya. Maka janganlah kamu tunda, sehingga ruh sampai di tenggorokan, ketika itu kamu mengatakan, “Untuk fulan sekian, untuk fulan sekian, dan untuk fulan sekian.” Padahal telah menjadi milik si fulan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Lalu apa sajakah keutamaan dari sedekah itu? Berikut ini beberapa ketamaan dari sedekah.

1. Sedekah itu menghapus dosa

Jika hidup ini diibaratkan dengan sebuah kertas putih, maka dosa-dosa yang kita lakukan setiap hari adalah tinta hitam yang membuat kertas itu kotor dan yang dapat menghapusnya adalah shalat dan amal sedekah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

2. Sedekah memberikan keberkahan pada harta dan benda

Setiap harta benda yang kita miliki itu mempunyai hak untuk orang lain dan sedekah lah cara untuk membersihkan hak itu. Jika Anda ingin merasakan keberkahan dan kebahagiaan hidup maka berbanyaklah sedekah.

Dan tidak ada istilah orang yang bersedakah itu jatuh miskin. Karena matematika dari sedekah adalah 10-7 = 70 tau bahkan 700, 7000 dst.

Setiap harta yang kita sedekahkan sebenarnya harta itu tidak menghiang melainkan harta itu bertambah, masih belum percaya silakan saja nanti Anda buktikan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

3. Disediakan surga untuk orang-orang yang bersedekah

Allah memberikan keutamaan yang sangat besar kepada hamba-hambanya yang rajin untuk bersedekah, baik dalam keadaan susah maupaun senang. Keutamaan itu berupa jaminan masuk surga melalui pintu yang khusus untuk orang yang giat bersedekah.

من أنفق زوجين في سبيل الله، نودي في الجنة يا عبد الله، هذا خير: فمن كان من أهل الصلاة دُعي من باب الصلاة، ومن كان من أهل الجهاد دُعي من باب الجهاد، ومن كان من أهل الصدقة دُعي من باب الصدقة

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

Dan masih sangat banyak keutamaan dari sedekah, yang mana keutamaanya tidak akan pernah dapat kita hitung karena hanya Allah yang akan memberikannya langsung kepada hamba-hambanya yang rajin dalam bersedekah.

Jadi jangan pernah ragu untuk bersedakah, karena sedekah tidak akan membuat kita miskin. Anda bisa membuktikan betapa kayanya orang yang mampu bersedakah walaupun dirinya itu kekurangan.

Bagi Anda yang ingin membantu kemajuan umat dan kesejahteraan orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kebaikan Anda semua. Kami Lazismu Piyungan bisa membantu menyalurkan sedekah Anda.

Rek Zakat dan Infaq:
Bank Syariah Mandiri kode bank (451) no. rekening 7099074668
a.n LazisMu Piyungan
Kode transaksi (010)

Alamat kantor Lazismu Piyungan:
Jl. Jogja-Wonosari km 12, Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta

No. Tlp: (0274) 4353 449
Tlp/SMS/WA: 081 2299 6399

Terima kasih atas kebaikan yang Anda ulurkan untuk memanjukan kemaslahatan masyarakat. Setiap uang yang Anda keluarkan sangat membantu berarti bagi orang-orang yang membutuhkan.

Check Also

Berkah diBulan Ramadhan

Oleh: Andy Putra Wijaya, M.S.I.* Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *